Wednesday, October 19, 2016

Cara wicking yang benar

Tehnik Wicking yang benar
Tehnik Wicking yang benar
1. cara wicking ada beberapa tipe (kalau rta), kalau rda lebih mudah sebenarnya. Coba search youtube video for wicking dari pbusardo atau riptrippers (aku gak tahu boleh post link gak disini, jadi gak  berani kasih link, tapi search aja di mbah google banyak kok).

Mengenai kapas kuning dan bersih dipengaruhi oleh 3 hal :
A. Kawat nya ... saya pernah beli kawat murah , dan ternyata kawatnya ini cepat hitam dan kapasnya juga jadi tidak bersih.
B. Jenis kapasnya ... kalau saya pake kapas murah (mediasoft dll) ini PASTI kapasnya tidak bersih dan kekuning2an.
Kalau pake Koh Gen Doh / Muji / Japanese Cotton lainnya, kecenderungannya agak bersih tapi tetap tidak bisa putih banget (mungkin karena memang warna dasarnya Japanese cotton juga memang tidak putih terang).
Kalau pake cellucotton (menurut aku ini THE BEST), kapasnya selalu putih and bagus
N.B. Kalau aku pake Japanese cotton biasanya maks 2 - 3 hari ganti kapas, kalau pake cellucotton bisa 1 minggu baru ganti kapas (sebenarnya pake Japanese cotton lebih dari 2 - 3 hari juga rasanya masih sama, cuma apa yah, karena ga putih bersih jadi agak 'jijik' aja, psychology effect)


C. Ini yang terpenting, kalau RDA maka menurut pengalaman aku (selain dua syarat diatas, kawatnya sudah cukup bagus dan kapasnya juga Japanese Cotton atau Cellucotton), maka :
Kapas yang ada di bagian coil harus 'padat' sedangkan yang keluar dari coil and nyentuh deck harus se sedikit mungkin. Makin sedikit kapas maka aliran liquid lebih cepat sehingga kalau dibuat seperti ini, maka ketika vaping di RDA biasanya kapas bisa sampai benar - benar kering and baru terasa dry hit yang akibatnya kapas akan kelihat BERSIH terus.
Notes : TEORI INI AGAK BERLAWANAN DENGAN YANG DILAKUKAN OLEH RIPTRIPPERS kalau ybs dia suka menempatkan kapas sebanyak - banyaknya di deck rda, mungkin supaya tidak tumpah kalau rda itu dibalik2 (semua liquid ada di kapas), kelemahan teori kapas sedikit saja menyentuh deck selain tidak semua rda mendukung (ada beberapa rda yang deck yang tipis) juga walaupun decknya cukup besar membuat liquid menggenang di sana, dan mudah leaking kalau posisi rdanya agak miring.

Kalau ini soal selera sih, tapi aku memilih berhati2 untuk tidak ngebalik2 rda dan wicking nya kapas minimal saja, karena dari pengalaman ini membuat aliran liquid lebih lancar (penting buat yang suka watt gede and chain vaping)

2. Biasanya itu terjadi karena pas anda wicking anda mengisi kapas terlalu padat, sehingga tanpa sadar pas anda narik2 kapasnya, maka kawatnya ada yang bergeser / saling bersentuhan.
Atau bisa juga anda kurang kencang pasang mur nya, sehingga murnya itu masih bisa bergoyang smile

Tips wicking : harus Pas, kebanyakan tidak baik (aliran liquid agak terhambat), kesedikitan (dalam arti kurang panjang jadi tidak menyentuh deck, atau kapas yang ada di dalam coil terlalu sedikit) akan menimbulkan masalah juga smile

Intinya tidak ada aturan yang pas, semua kembali lagi ke selera dan kebiasaan masing - masing. Mana yang diprioritaskan. Beberapa orang suka Marl**ro, tapi orang lain suka A-M**d smile Mana yang lebih enak? Hehehehe



thank's to indovapor.

No comments:

Post a Comment